Postingan

Kisi-Kisi Biologi UAS Kelas X

KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN : 2014-2015 1.     Peserta didik dapat menjelaskan cabang ilmu biologi dalam dunia kedokteran 2.     Peserta didik dapat menjelaskan cabang ilmu biologi mengenai lingkungan sekitar 3.     Peserta didik dapat menjelaskan tingkatan organisasi kehidupan 4.     Peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari perkembangan ilmu biologi 5.     Peserta didik dapat menyebutkan variabel dalam suatu percobaan 6.     Peserta didik dapat    menyebutkan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia 7.     Peserta didik dapat   mendeskripsikan ciri keanekaragamn hayati dapa tingkat gen, jenis dan ekosistem. 8.     Peserta didik dapat    menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya keanekaragaman hayati 9.     Peserta didik dapat menentukan penulisan tata nama ilmiah sesuai dengan tata nama binomial numenclatur 10.   Peserta didik dapat menyebutkan contoh pelestarian sumber daya alam hayati secara exsitu 11.  

Leaf Tissue

Judul : Leaf Tissue Filmmaker : Ersa Aurorayatin, Kiky Amalia, Wihda Liuswatin Alfafa Waktu : Oktober 2014. Tempat : Laboratorium Biologi. Tujuan : Mengetahui perbedaan antara jaringan pada daun dikotil dan daun monokotil Alat : Mikroskop , kaca preparat , kaca penutup , pipet tetes , silet, gelas . Bahan : contoh daun dikotil dan monokotil , air .

Replika Sistem Peredaran Darah Manusia

Judul : Replika Sistem Peredaran Darah Manusia Filmmaker : Lailatul istibsyaroh, Suci nur khoiriyah, Tiara bilqis ismail putri. Kelas : XI MIA 3

MEMBUAT FILM DOKUMENTER PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Gambar
Oleh Achmad Fauzi Biologi sebagai mata pelajaran mencoba menginfiltrasi perkembangan film dalam media pembelajaran. Penulis mengamati bahwa selama ini ada kecenderungan yang sama antara biologi sebagai ilmu dengan film sebagai dokumentator. Penulis mencoba menggabungkan film dokumenter dengan praktikum biologi, yang kemudian kami sebut film dokumenter praktikum biologi. Jadi peserta didik akan melakukan sebuah praktikum biologi dan film dokumenter adalah sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran dalam mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan cita-cita para luhur pendiri bangsa, maka penulis mencoba mengembangkan film dokumenter praktikum biologi sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter peserta didik dalam meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun tujuan dari pembuatan film dokumenter praktikum biologi adalah untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mampu memahami pelajaran

Download Film Dokumenter Praktikum biologi

Gambar
Replika Respirasi Manusia Prove the Vitamin C Menguji Golongan Darah

Kisi-kisi UTS Biologi Kelas XI MIA 2014-2015

1.              Peserta didik dapat menyebutkan fungsi dari sel yang menjelaskan tentang sintesis protein 2.              Peserta didik dapat menunjukkan bagian-bagian dari gambar sel 3.              Peserta didik dapat menjelaskan plastida yang mengandung lemak 4.              Peserta didik dapat menjelaskan   Organel berbentuk vesikula besar yang berisi cairan dan diselubungi membran tunggal 5.              Peserta didik dapat menjelaskan teori sel 6.              Peserta didik dapat menyebutkan transpor pasif 7.              Peserta didik dapat menyebutkan organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan 8.              Peserta didik dapat menyebutkan organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan 9.              Peserta didik dapat mendeskripsikan sel darah merah yang dimasukkan ke dalam aquades 10.          Peserta didik dapat menyebutkan terlepasnya protoplasma dari dinding sel karena air keluar sehingga tumbuhan layu 11.   

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER BIOLOGI GANJIL TAHUN PELAJARAN : 2014-2015 KELAS X

Peserta didik dapat menjelaskan dugaan sementara dari masalah penelitian yang perlu diuji kebenarannya Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik biologi sebagai ilmu Peserta didik dapat menjelaskan cabang ilmu biologi dalam dunia kedokteran Peserta didik dapat menjelaskan cabang ilmu biologi mengenai lingkungan sekitar Peserta didik dapat menjelaskan tingkatan organisasi kehidupan Peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari perkembangan ilmu biologi Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif dari perkembangan ilmu biologi Peserta didik dapat menyebutkan variabel dalam suatu percobaan Peserta didik dapat membuat kesimpulan dari suatu percobaan Peserta didik dapat menyebutkan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja Peserta didik dapat menyebutkan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia Peserta didik dapat  mendeskripsikan ciri keanekaragamn hayati dapa tingkat gen, jenis dan ekosistem. Peserta didik dapat   menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya keaneka

SMA AWH Tebuireng Juara 1 KTI Se-Jawa Timur

Gambar
Rinaldiyanti Rukmana mendapatkan Juara 1 lomba Karya Tulis Islam SMC SMAN 2 Surabaya bulan September 2014 dengan mendapatkan nilai 132,65 pada babak final 10 besar yang diselenggarakan pada hari sabtu, 13 September 2014. Pada lomba tersebut ada dua (2) peserta didik dari SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng yang lolos babak final 10 besar, yakni Rinaldiyanti Rukmana dan Yekti Indriana Sari. Keduanya kelas XII IPA SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng tahun ajaran 2014/2015. Selamat dan sukses, semoga berkah.

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS SEMESTER GENAP KELAS XI IPA

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014 Mata Pelajaran: Biologi Kelas: XI IPA 1. Menjelaskan jaringan parenkim tumbuhan. 2. Menjelaskan jaringan yang memiliki ciri-ciiri sebagai berikut: Melapisi atau menutupi permukaan organ tubuh , berfungsi sebagai filtrasi, absorbsi, difusi zat dan jaringan tersebut ditemukan pada pembuluh darah, ginjal alveolus. 3. Mendeskripsiskan fungsi alat gerak rangka. 4. Menjelaskan fungsi sistem sirkulasi pada manusia. 5. Menyebutkan fungsi jantung. 6. Mendeskripsikan uji makanan dan bahan makanan yang banyak mengandung protein dan glukosa. 7. Menjelaskan organ dalam proses penyerapan sari-sari makanan hasil pencernan. 8. Menyebutkan zat makanan yang jika kadarnya dalam darah menurun menyebabkan timbulnya rasa lapar. 9. Menyebutkan penyerapan zat-zat makanan oleh sel-sel epitelium usus. 10. Menjelaskan proses dalam pencernaan makanan, lemak dirombak menjadi asam lemak dan gliserol. 11. Menjelaskan proses inspirasi pada m

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS KELAS X / TAHUN PELAJARAN : 2013-2014

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS KELAS X / TAHUN PELAJARAN : 2013-2014 1.       Menjelaskan dugaan sementara dari masalah penelitian yang perlu diuji kebenarannya ! 2.       Menentukan penulisan nama ilmiah bakteri yang benar menurut aturan binomial ! 3.       Menyebutkan struktur virus! 4.        Menyebutkan bakteri yang mampu mengikat nitrogen yang hidupnya bersimbiosis dengan polong-polongan ! 5.       Menyabutkan protozoa yang beralat gerak berupa bulu cambuk ! 6.       Menjelaskan kumpulan benang-benang halus pada jamur ! 7.       Menyebutkan jamur yang bersifat makroskopik ! 8.       Menentukan kelompok jamur yang menguntungkan bagi manusia ! 9.       Menjelaskan contoh pelestarian sumber daya alam hayati secara exsitu contohnya ! 10.   Menyebutkan spora tumbuhan lumut yang   jatuh di tempat yang yang sesuai! 11.   Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan paku dan lumut!         12.   Menyebutkan kelas dari lumut Sphagnum gedeanum ! 13.   Menyebutkan tu