MEMBUAT FILM DOKUMENTER PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Oleh Achmad Fauzi

Biologi sebagai mata pelajaran mencoba menginfiltrasi perkembangan film dalam media pembelajaran. Penulis mengamati bahwa selama ini ada kecenderungan yang sama antara biologi sebagai ilmu dengan film sebagai dokumentator. Penulis mencoba menggabungkan film dokumenter dengan praktikum biologi, yang kemudian kami sebut film dokumenter praktikum biologi. Jadi peserta didik akan melakukan sebuah praktikum biologi dan film dokumenter adalah sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran.

Untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran dalam mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan cita-cita para luhur pendiri bangsa, maka penulis mencoba mengembangkan film dokumenter praktikum biologi sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter peserta didik dalam meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun tujuan dari pembuatan film dokumenter praktikum biologi adalah untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mampu memahami pelajaran biologi dengan membuat film dokumenter praktikum biologi, dan untuk mengetahui bagaimana film dokumenter praktikum biologi menjadi inspirasi pembelajaran yang inovatif dalam upaya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Evaluasi kreatifitas pembelajaran dalam membuat film dokumenter praktikum biologi dilaksanakan dengan cara tiga tahap yaitu:
1. Evaluasi Prapraktikum
Evaluasi prapraktikum ini dilakukan dengan cara menilai hasil kegiatan perencanaan praktikum yang akan dilakukan oleh peserta didik.
2. Evaluasi Praktikum
Evaluasi praktikum dilakukan dengan cara mengobservasi kegiatan praktikum yang dilakukan oleh peserta didik. Seperti yang disajikan pada gambar 1.

Gambar 1. kegiatan praktikum sistem respirasi
3. Evaluasi laporan hasil praktikum
Evaluasi laporan hasil praktikum dilakukan dengan cara mengobservasi hasil presentasi film dokumenter praktikum biologi yang disajikan dengan menggunakan power point (disajikan pada gambar 2.) dan film dokumenter praktikum biologi (disajikan melalui alamat URL http://ma-biology.blogspot.com/search/label/Film%20Dokumenter%20praktikum%20Biologi) serta hasil dari diskusi pada waktu presentasi.

Gambar 2. Presentasi Peserta didik dalam laporan hasil praktikum
Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan film dokumenter sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran biologi merupakan terobosan baru dalam mengenalkan biologi dengan memanfaatkan teknologi. Sistem pembelajaran seperti ini juga bisa meransang kinerja peserta didik untuk lebih memahami mata pelajaran biologi.

Selain ini, penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran juga dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi peserta didik dalam pembelajaran. Hal tersebut, dapat diketahui dengan melihat hasil film dokumentasi mereka serta improvisasi dalam melakukan kegiatan praktikum.
Dengan membuat film dokumenter praktikum sebagai media pembelajaran, maka secara otomatis peserta didik akan mendapatkan pengalaman sebagai editor film, kameramen, serta dalam pembuatan naskah film. Hal tersebut, dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dalam melakukan kegiatan pembuatan film.

Kegiatan pembelajaran membuat film dokumenter praktikum ini juga menguntungkan bagi pendidik, karena pendidik dapat mendokumentasikan hasil karya peserta didik dan nantinya dapat juga digunakan sebagai bahan dalam pembelajaran dan refleksi dokumentasi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.


Komentar

Posting Komentar

Tanya jawab di sini :

Postingan populer dari blog ini

Leaf Tissue