Kisi-Kisi UKK Biologi Kelas X 2016
KISI-KISI UKK 2016 - Biologi Kelas X
1.
Peserta didik dapat menjelaskan dugaan sementara dari masalah penelitian
yang perlu diuji kebenarannya
2.
Peserta didik dapat menentukan penulisan nama ilmiah bakteri yang benar menurut
aturan binomial.
3.
Peserta didik dapat menyebutkan struktur virus
4.
Peserta didik dapat menyebutkan
bakteri yang mampu mengikat nitrogen yang hidupnya bersimbiosis dengan
polong-polongan
5.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh pelestarian sumber daya alam hayati
secara exsitu
6.
Peserta didik dapat menentukan daur hidup tumbuhan lumut
7.
Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan paku
8.
Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan gimnospermae
9.
Peserta didik dapat menyebutkan batang tumbuhan dikotil memiliki bagian
yang berguna dalam pertumbuhan
10. Peserta didik dapat
menyebutkan klasifikasi hewan invertebrata
11. Peserta didik dapat
menyebutkan ciri-ciri serangga
12. Peserta didik dapat
menyebutkan klasifikasi hewan yang bersifat diploblastik
13. Peserta didik dapat menyebutkan
tipe dari porifera
14. Peserta didik dapat
menentukan invertebrata yang dapat dimanfaatkan manusia
15. Peserta didik dapat
meyebutkan daur hidup Aurelia aurita
16. Peserta didik dapat
meyebutkan cara Platyhelminthes
mengedarkan makanan ke seluruh tubuhnya
17. Peserta didik dapat
meyebutkan cacing gelang yang bersifat parasit
18. Peserta didik dapat
menjelaskan tentang Annelida
19. Peserta didik dapat
menyebutkan jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
20. Peserta didik dapat
menentukan bagian-bagian dari serangga
21. Peserta didik dapat
menentukan ciri-ciri dari anggota echinodermata
22. Peserta didik dapat
menyebutkan peranan aves bagi manusia
23. Peserta didik dapat
mendeskripsikan komponen biotik dalam ekosistem, berdasarkan cara memperoleh
makanan
24. Peserta didik dapat menjelaskan
perpindahan materi dan energi dari organisme yang satu ke organisme lain lebih
dari satu rantai makanan
25. Peserta didik dapat
Menjelaskan pencemaran CO sangat berbahaya bagi kesehatan manusia
26. Peserta didik dapat
menyebutkan organisme yang sering berperan sebagai parameter pencemaran air
27. Peserta didik dapat
Menjelaskan pertanian monokultur yang dapat menimbulkan gangguan keseimbangan
lingkungan
28. Peserta didik dapat
Menjelaskan tujuan adanya undang-undang lingkungan hidup
29. Peserta didik dapat Menjelaskan
jenis limbah yang dapat di manfaatkan tanpa proses daur ulang
30. Peserta didik dapat
Mendeskripsikan pengeloaan kembali limbah untuk menghasilkan produk yang
berguna
31. Peserta didik dapat menjelaskan tindakan
manusia yang menyebabkan berkurangnya keanekaragaman hayati di Indonesia
32. Peserta didik dapat menyebutkan komponen
penyusun ekosistem
33. Peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan
34. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan
antara tumbuhan lumut dan paku
35. Peserta didik dapat menjelaskan tentang ciri
vertebrata dan klasifikasinya