Mastoiditis – Telinga



“Apa mastoid itu? “, ujar salah satu siswa kelas XI IPA 1, ketika membahas tentang organ telinga.

Ini adalah salah satu pertanyaan sederhana, namun luar biasa maknanya. Pertanyaan yang selalu ada, tatkala beribu bahasa asing yang terdapat di dalam dunia biologi. Bahasa-bahasa di luar kebiasaan mereka, namun sebenarnya letak dari pertanyaan itu berada dekat dan ada pada tubuh mereka, tepatnya di bagian telinga.

Mastoid yang berada di bagian dari tulang tengkorak yang terletak di belakang telinga, dan berhubungan dengan rongga telinga. Sedangkan Itis adalah bahsa latin untuk menggambarkan adanya radang.

Infeksi tulang yang menonjol di belakang telinga (tulang mastoid) biasanya sebagai hasil dari sebuah infeksi telinga. Mastoiditis biasanya akan mempengaruhi anak-anak dan kadang-kadang dapat mengakibatkan masalah pendengaran . Penyakit ini telah menjadi luar biasa karena luas penggunaan antibiotik untuk mengendalikan infeksi telinga.

Menyebabkan
Penyakit infeksi terjadi ketika menyebar dari telinga ke dalam rongga mastoid tulang, dan dari sana ke lubang udara di sel-sel tulang sendiri.

Gejala
Parah sakit telinga, sakit kepala, dan kelelahan. Pembengkakan di belakang telinga sering sebenarnya cukup untuk mendorong eksternal dari posisi telinga. Gejala lain mungkin termasuk demam, keluarnya susu dari telinga, dan adanya kehilangan pendengaran.

Komplikasi
infeksi yang menyebar ke dalam tengkorak, menyebabkan meningitis, abses otak, atau di veins bekuan darah di dalam otak. Atau, infeksi ini menyebar ke luar, yang mempengaruhi saraf wajah dan menyebabkan wajah lumpuh.

Diagnosis
Mastoiditis dapat diidentifikasi dari fisik ujian. Diagnosis dini sangat penting karena potensi komplikasi serius.

Perawatan
Infeksi ini tidak mudah untuk merawat dan seringkali memerlukan darah antibiotik selama beberapa hari. Jika infeksi berlanjut, suatu operasi yang disebut mastoidectomy mungkin diperlukan. Dalam prosedur ini, maka ahli bedah membuat sebuah torehan di belakang telinga untuk membuka mastoid pada tulang dan menghapus sel yang terinfeksi udara. Drainase tabung kiri dan dibuang di tempat beberapa hari setelah operasi.

Ket: Abses otak adalah kumpulan nanah yang terbungkus oleh suatu kapsul dalam jaringan otak yang disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur. Abses otak biasanya akibat komplikasi dari suatu infeksi, trauma atau tindak pembedahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Leaf Tissue