Postingan

Pelestarian Satwa Liar dan Daur Ulang Kertas

Gambar
Selasa, 03 november 2009. Madrasah Aliyah khairuddin menerima kunjungan dari P-WEC ( Petungsewu Wildlife Education Center ). Kegitan tersebut bertujuan mengenalkan siswa pada dunia pelestarian lingkungan, terutama pada satwa liar.  Saling tukar informasi dan berbagi pengalaman mengenai asaha pelestarian lingkungan. P-WEC membawa pengalaman tentang pelestarian lingkungan di bidang penyelamatan satwa, sedangkan siswa MA Khairuddin menyampaikan betapa pentingnya usaha dalam penyelamatan lingkungan dengan memanfaatkan sampah kertas dengan produk kertas daur ulang. Berbagai usaha dilakukan manusia untuk menyelamatkan bumi dengan berbagai cara misalkan dengan melestarikan lingkungan. Tindakan saling menghargai alam dan memanfaatkan setiap potensi adalah perwujudan kreatifitas dalam menjaga kesimbangan yang telah di ciptakan Tuhan untuk manusia.

Pohon Kiara Payung di MA Khairuddin

Gambar
" Apakah kita mengetahui pohon ini? Pernahkah kita mengamatinya? Tahukah apa fungsinya?. " Pohon ini ada di sekitar MA Khairuddin, biasanya pohon tersebut digunakan untuk berteduh, ukuran batangnya sedang dan daunnya yang lebat membawa suasana kedamaian di sekitar sekolah. Pohon ini bernama Kiara Payung, dengan nama ilmiah Filicium decipiens. Pohon Kiara payung memiliki kemampuan dalam mereduksi Pb dengan kadar tinggi dan sedang. Menurut Syamsu Rijal (salah satu dosen fakultas kehutanan UNHAS) dalam jurnal hutan dan masyarakat, mengatakan bahwa pohon Kirai Payung dapat menyerap polusi udara 47 % sampai dengan 69 %. Begitu pentingnya keberadaan pohon Kiara Payung di sekolah. Karena Kiara Payung mempunyai nilai kesehatan lingkungan. "Lingkungan yang sehat dapat membantu proses belajar dan prestasi bagi Siswa."

Belajar DNA dengan Kelas XII IPA 1

Gambar
MA Khariruddin, 14 oktober 2009. Enggan dan malas di ruang yang sama, gedung yang sama. Ingin beranjak pergi saja ketika saat pertama masuk, mungkin itu yang bergeliat dibenak kelas XII IPA 1 saat itu. "Kenapa?" saya sendiri juga belum tahu. Dalam awal-awal dialog dan pertanyaan pertama ternyata pelajaran terakhir tadi mereka terkena marah, "satu kelas kena imbas marah". Mungkin itu, atau mungkin habis ujian biologi. karena saat ujian biologi nilai mereka jauh dibawah rata-rata. Namun dalam perjalanan waktu mereka berubah, ketika salah satu siswa mencoba bertanya secara terus-menerus. Pertanyaan akan kebingungan jawaban dari ujian, tidak bisa menjawab, tidak mengerti dari bab materi genetik. Suasanapun berubah 180 derajat, yang tadinya enggan berubah menjadi hiruk-pikuk dengan segelontor pertanyaan. Siswa-siswi yang biasanya diam berubah menjadi aktif di kelas. "DNA terdiri atas gula pentosa, basa nitrogen dan fosfat." Kalimat tersebut yang menjadi

Pertanyaan dari Tugas Biologi

"Tugas apa lagi yang belum saya kerjakan, Pak?" Sebuah pertanyaan yang dikirim oleh salah satu siswa ke email saya.  Sejenak pertanyaan itu sangatlah berarti bagi saya. Pertanyaan yang harus ditanyakan saat keingintahuan berada di otak. Pertanyaan untuk mengurangi rasa penasaran dan penggumpalan di otak apabila keingintahuan belum bisa diutarakan. " Pengumpalan pada otak akan mengganggu saraf dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan pikiran " Ketika kita benar-benar memahami sistem panah. Sistem skema yang berangkat dari panah satu ke panah yang lain, niscaya akan sangat banyak pertanyaan dan pertanyaan. Jadi "tugas" bukan berangkat dari guru saja, namun bagaimana kita mampu mencerna sebuah keingintahuan itu menjadi ilmu pengetahuan. Sistem panah hanyalah salah satu cara kita untuk melogikakan pertanyaan dan membuat ilmu pengetahuan berharga bagi kita. Mulailah belajar menganalisa, mengunakan otak kiri dan otak kanan, melaju dengan kencang demi mengg

Kenapa Takut?

Belajar berani bertanggungjawab Belajar berkreatifitas Belajar JuJur Belajar Setiap Waktu, sampai ajal Tiba.... Bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, ketika kebebasan dalam belajar berada dalam diri kalian. Belajar bukanlah lari dari kenyataan, namun menghadapi segalanya adalah sebuah jalan ke depan. Tidak ada yang sulit, sukar, dan tidak bisa; ketidakmampuan hanya bersumber pada kemalasan dalam menjalani keseharian tanpa ada karya. Butuh waktu 3 sampai 4 bulan masa panen dari padi. Butuh transport yang mengabiskan biaya banyak untuk sampai ke lokasi anda. Butuh sekitar beberapa jam untuk masuk dalam mulut anda. Padi mengandung karbohidrat. Karbohidrat termasuk penyusun sel karena penyusun sel terdiri dari molekul organik, yaitu molekul yang mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan aksigen (O). Molekul organik ini ada 4 macam atau golongan yaitu: 1. Molekul lipid. Molekul ini mengandung sejumlah besar atom karbon, hidrogen, serta oksigen, dan kadang kala ditambah Nitrog

Kenapa Harus Berkarya?

Tiga tahun adalah waktu yang sangat singkat. Hari, minggu, bulan, tahun semua akan berujung pada angka kelulusan. Namun sebuah karya tidak mengenal batas waktu, hal tersebut tergantung pada diri masing-masing, mau apa tidak? Menghabiskan waktu dengan sebuah rutinitas tanpa sebuah karya yang diciptakan, hanya akan menghasilkan penyesalan. Belajar berkreatifitas, berani dan bertanggungjawab adalah bagian terpenting dalam kehidupan. Tiada sia-sia bagi siapapun yang mampu meluangkan waktunya untuk sebuah karya. Warna putih buku adalah hasil kreatifitas alam yang berupa pohon, sangat di sayangkan apabila buku yang dipunyai hanya menjadi lembaran tanpa makna.

Mengenal Fraktur dari kelas XI IPA 1

Gambar
10 September 2009, fraktur atau disebut juga dengan patah tulang dalam istilah medisnya. Pertanyaan ini muncul dari diskusi kecil dalam ruang kelas XI IPA 1, diskusi dalam memahami bagian dari bab sistem gerak. Berikut ini gambar mengenai fraktur (frakture, Inggris) dan definisinya: Menurut smeltzer S.C & Bare B.G, 2001, Fraktur (patah tulang) adalah terputusnya kontinuitas struktur tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya.