Postingan

Menampilkan postingan dari 2009

Paper Recycling

Sebuah film pendek yang terinspirasi dari adanya ceceran sampah kertas di setiap ruang pendidikan. Mengenal lingkungan sekitar, berefleksi dan berbuat " Don'T Stay! ".

Pelestarian Satwa Liar dan Daur Ulang Kertas

Gambar
Selasa, 03 november 2009. Madrasah Aliyah khairuddin menerima kunjungan dari P-WEC ( Petungsewu Wildlife Education Center ). Kegitan tersebut bertujuan mengenalkan siswa pada dunia pelestarian lingkungan, terutama pada satwa liar.  Saling tukar informasi dan berbagi pengalaman mengenai asaha pelestarian lingkungan. P-WEC membawa pengalaman tentang pelestarian lingkungan di bidang penyelamatan satwa, sedangkan siswa MA Khairuddin menyampaikan betapa pentingnya usaha dalam penyelamatan lingkungan dengan memanfaatkan sampah kertas dengan produk kertas daur ulang. Berbagai usaha dilakukan manusia untuk menyelamatkan bumi dengan berbagai cara misalkan dengan melestarikan lingkungan. Tindakan saling menghargai alam dan memanfaatkan setiap potensi adalah perwujudan kreatifitas dalam menjaga kesimbangan yang telah di ciptakan Tuhan untuk manusia.

Pohon Kiara Payung di MA Khairuddin

Gambar
" Apakah kita mengetahui pohon ini? Pernahkah kita mengamatinya? Tahukah apa fungsinya?. " Pohon ini ada di sekitar MA Khairuddin, biasanya pohon tersebut digunakan untuk berteduh, ukuran batangnya sedang dan daunnya yang lebat membawa suasana kedamaian di sekitar sekolah. Pohon ini bernama Kiara Payung, dengan nama ilmiah Filicium decipiens. Pohon Kiara payung memiliki kemampuan dalam mereduksi Pb dengan kadar tinggi dan sedang. Menurut Syamsu Rijal (salah satu dosen fakultas kehutanan UNHAS) dalam jurnal hutan dan masyarakat, mengatakan bahwa pohon Kirai Payung dapat menyerap polusi udara 47 % sampai dengan 69 %. Begitu pentingnya keberadaan pohon Kiara Payung di sekolah. Karena Kiara Payung mempunyai nilai kesehatan lingkungan. "Lingkungan yang sehat dapat membantu proses belajar dan prestasi bagi Siswa."

Belajar DNA dengan Kelas XII IPA 1

Gambar
MA Khariruddin, 14 oktober 2009. Enggan dan malas di ruang yang sama, gedung yang sama. Ingin beranjak pergi saja ketika saat pertama masuk, mungkin itu yang bergeliat dibenak kelas XII IPA 1 saat itu. "Kenapa?" saya sendiri juga belum tahu. Dalam awal-awal dialog dan pertanyaan pertama ternyata pelajaran terakhir tadi mereka terkena marah, "satu kelas kena imbas marah". Mungkin itu, atau mungkin habis ujian biologi. karena saat ujian biologi nilai mereka jauh dibawah rata-rata. Namun dalam perjalanan waktu mereka berubah, ketika salah satu siswa mencoba bertanya secara terus-menerus. Pertanyaan akan kebingungan jawaban dari ujian, tidak bisa menjawab, tidak mengerti dari bab materi genetik. Suasanapun berubah 180 derajat, yang tadinya enggan berubah menjadi hiruk-pikuk dengan segelontor pertanyaan. Siswa-siswi yang biasanya diam berubah menjadi aktif di kelas. "DNA terdiri atas gula pentosa, basa nitrogen dan fosfat." Kalimat tersebut yang menjadi

Pertanyaan dari Tugas Biologi

"Tugas apa lagi yang belum saya kerjakan, Pak?" Sebuah pertanyaan yang dikirim oleh salah satu siswa ke email saya.  Sejenak pertanyaan itu sangatlah berarti bagi saya. Pertanyaan yang harus ditanyakan saat keingintahuan berada di otak. Pertanyaan untuk mengurangi rasa penasaran dan penggumpalan di otak apabila keingintahuan belum bisa diutarakan. " Pengumpalan pada otak akan mengganggu saraf dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan pikiran " Ketika kita benar-benar memahami sistem panah. Sistem skema yang berangkat dari panah satu ke panah yang lain, niscaya akan sangat banyak pertanyaan dan pertanyaan. Jadi "tugas" bukan berangkat dari guru saja, namun bagaimana kita mampu mencerna sebuah keingintahuan itu menjadi ilmu pengetahuan. Sistem panah hanyalah salah satu cara kita untuk melogikakan pertanyaan dan membuat ilmu pengetahuan berharga bagi kita. Mulailah belajar menganalisa, mengunakan otak kiri dan otak kanan, melaju dengan kencang demi mengg

Kenapa Takut?

Belajar berani bertanggungjawab Belajar berkreatifitas Belajar JuJur Belajar Setiap Waktu, sampai ajal Tiba.... Bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, ketika kebebasan dalam belajar berada dalam diri kalian. Belajar bukanlah lari dari kenyataan, namun menghadapi segalanya adalah sebuah jalan ke depan. Tidak ada yang sulit, sukar, dan tidak bisa; ketidakmampuan hanya bersumber pada kemalasan dalam menjalani keseharian tanpa ada karya. Butuh waktu 3 sampai 4 bulan masa panen dari padi. Butuh transport yang mengabiskan biaya banyak untuk sampai ke lokasi anda. Butuh sekitar beberapa jam untuk masuk dalam mulut anda. Padi mengandung karbohidrat. Karbohidrat termasuk penyusun sel karena penyusun sel terdiri dari molekul organik, yaitu molekul yang mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan aksigen (O). Molekul organik ini ada 4 macam atau golongan yaitu: 1. Molekul lipid. Molekul ini mengandung sejumlah besar atom karbon, hidrogen, serta oksigen, dan kadang kala ditambah Nitrog

Kenapa Harus Berkarya?

Tiga tahun adalah waktu yang sangat singkat. Hari, minggu, bulan, tahun semua akan berujung pada angka kelulusan. Namun sebuah karya tidak mengenal batas waktu, hal tersebut tergantung pada diri masing-masing, mau apa tidak? Menghabiskan waktu dengan sebuah rutinitas tanpa sebuah karya yang diciptakan, hanya akan menghasilkan penyesalan. Belajar berkreatifitas, berani dan bertanggungjawab adalah bagian terpenting dalam kehidupan. Tiada sia-sia bagi siapapun yang mampu meluangkan waktunya untuk sebuah karya. Warna putih buku adalah hasil kreatifitas alam yang berupa pohon, sangat di sayangkan apabila buku yang dipunyai hanya menjadi lembaran tanpa makna.

Mengenal Fraktur dari kelas XI IPA 1

Gambar
10 September 2009, fraktur atau disebut juga dengan patah tulang dalam istilah medisnya. Pertanyaan ini muncul dari diskusi kecil dalam ruang kelas XI IPA 1, diskusi dalam memahami bagian dari bab sistem gerak. Berikut ini gambar mengenai fraktur (frakture, Inggris) dan definisinya: Menurut smeltzer S.C & Bare B.G, 2001, Fraktur (patah tulang) adalah terputusnya kontinuitas struktur tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya.

Soal Kelas XII IPA

Gambar
Jawab pertanyaan diatas dengan cara mencocokkan soal dengan jawaban!

Soal Kelas XI IPA

Cocokkan soal dibawah ini dengan baik dan benar! Nama Jaringan 1. floem 2. felem 3. xilem 4. lentisel 5. feloderm 6. klorenkim 7. unsur floem 8. unsur xilem 9. sklerenkim 10. kolenkim Ciri, Macam, Fungsinya a. sel pengiring b. mengangkut zat hara dari akar menuju ke daun c. trakea, trakeid d. tersusun atas sel gabus dan sel-sel mati e. terdapat pada organ yang masih aktif tumbuh f. berasal dari felogen, sel-sel penyusunnya hidup, dinding dari selulosa g. terdapat pada organ yang sudah tidak mengalami pertumbuhan h. mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh i. celah-celah pada lapisan gabus j. parenkim yang mengandung klorofil

Soal Kelas X

VIRUS 1.Jelaskan mengapa virus dikatakan sebagai bentuk peralihan antara benda mati ke makhluk hidup! 2.Gambarlah bakteriofag dan tunjukkan bagian-bagiannya! 3.Jelaskan manfaat virus bagi kehidupan! 4.Jelaskan mengapa embrio ayam dapat digunakan sebagai medium untuk mengembangkan virus! 5.Hampir semua orang pernah menderita influenza. Bahkan selama hidupnya, orang berkali-kali menderita influenza. Seringkali obat yang pernah berhasil meredakan influenza tidak lagi berhasil meredakan influenza yang selanjutnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Remidi Kelas XII IPA

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Nilai Tertinggi: Istiqomaria (Kelas XII IPA 2) Nama-nama Siswa yang Remidi: Kelas XII IPA 1 1. Irfan Efendi 2. Lailatul Hamidah 3. Rudi Fahruddin 4. Siti Mahmudah Kelas XII IPA 2 1. Eny Mufidah 2. Ida Khoirun Nisa' 3. Setyo Budi B.P Siswa yang belum mendapat nilai: Kelas XII IPA 1: Diana Safon, Luluk Ika Faridah Kelas XII IPA 2: Azilla Dimilla Putri, Mustaqim Soal Remidi Pertumbuhan Dan Perkembangan 1. Pertumbuhan adalah... 2. Faktor luar (eksternal) yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan adalah... 3. Hormon yang mengatur kadar gula darah dengan mengubah glikogen menjadi glukosa adalah... 4. Kelenjar yang menghasilkan hormon Oksitosin adalah... 5. Perubahan bentuk tubuh pada beberapa hewan secara bertahap dari masa muda sampai dewasa 6. Pergiliran cara perkembangbiakan antara seksual dengan aseksual, adalah... 7. Jaringan Maristem terletak pada... 8. Phytohormon yang dapat mempercepat pematangan buah,merang

Tugas Biologi Kelas XI

komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. Kerjakan soal-soal dibawah ini, di bukunya masing-masing! 1. Teori sel yang menyatakan bahwa sel merupakan unit struktural dan fisio-logi pada makhluk hidup dikemukakan oleh .... 2. Menurut definisi Robert Hooke, sel adalah .... 3. Istilah protoplasma pertama kali dikemukakan oleh .... 4. Omnis cellula e cellula adalah teori sel yang dikemukakan oleh .... 5. Alexander Braun menyatakan bahwa sel merupakan .... 6. Berapa persenkah kadar air penyusun protoplasma? 7. Fungsi ion Fe3+ bersama Mg2+ bagi tumbuhan untuk .... 8. Ion K+ dan Mg2+ berfungsi sebagai .... 9. CO2 merupakan .... 10. Gas nitrogen dapat diikat oleh sel dalam bentuk .... Terakhir dikumpulkan tanggal 01 Agustus 2009

Tugas Biologi Kelas X

Kerjakan soal-soal dibawah ini! a. Jelaskan karakteristik dari ilmu biologi! b. Sebutkan langkah-langkah dalam metode ilmiah! c. Buatlah suatu rancangan percobaan dengan menggunakan metode eksperimen! d. Buatlah suatu rancangan penemuan konsep biologi yang menggunakan metode observasi! e. Sebutkan beberapa sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang biologiwan! f. Bagaimana perbedaan ciri tumbuhan mawar di dataran tinggi dan di dataran rendah? g. Sebutkan objek yang dipelajari dalam biologi! h. Sebutkan cabang biologi berdasarkan tema/pokok persoalan! i. Sebutkan cabang biologi berdasarkan tingkatan organisasi! j. Jelaskan peranan biologi di bidang pertanian! jawab pertanyaan diatas dan Kumpulkan dalam lembar kertas folio bergaris. Tugas di kumpulkan paling akhir tanggal 08 Agustus 2009

Mastoiditis – Telinga

Gambar
“Apa mastoid itu? “, ujar salah satu siswa kelas XI IPA 1, ketika membahas tentang organ telinga. Ini adalah salah satu pertanyaan sederhana, namun luar biasa maknanya. Pertanyaan yang selalu ada, tatkala beribu bahasa asing yang terdapat di dalam dunia biologi. Bahasa-bahasa di luar kebiasaan mereka, namun sebenarnya letak dari pertanyaan itu berada dekat dan ada pada tubuh mereka, tepatnya di bagian telinga. Mastoid yang berada di bagian dari tulang tengkorak yang terletak di belakang telinga, dan berhubungan dengan rongga telinga. Sedangkan Itis adalah bahsa latin untuk menggambarkan adanya radang. Infeksi tulang yang menonjol di belakang telinga (tulang mastoid) biasanya sebagai hasil dari sebuah infeksi telinga. Mastoiditis biasanya akan mempengaruhi anak-anak dan kadang-kadang dapat mengakibatkan masalah pendengaran . Penyakit ini telah menjadi luar biasa karena luas penggunaan antibiotik untuk mengendalikan infeksi telinga. Menyebabkan Penyakit infeksi terjadi keti

Jamur

A. Pengertian jamur Jamur adalah tumbuhan yang tidak berpembuluh, tidak berklorofil, dan bereproduksi melalui spora. Jamur merupakan tumbuhan bertalus sehingga tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Berkembangbiak dengan cara vegetatif dan generatif serta hidup di tempat yang lembab. B. Pengelompokan jamur berdasarkan divisi dan cirinya. Jamur dibagi menjadi 4 divisi yaitu: 1) Zigomycota : hifa tidak bersekat membentuk miselium, reproduksi aseksual dengan spora yang berbentuk sporangia dan seksual dengan konjugasi 2) Ascomycota : hifa bersekat, menghasilkan spora seksual tidak terlindung dalam askus, reproduksi aseksual dengan pembelahan biner melintang 3) Basidiomycota : miselium bersepta, membentuk basidium, reproduksi seksual dengan miselium dan aseksual dengan konidium 4) Deuteromycota : hifa kebanyakan bersepta, reproduksi aseksual dengan konidium